Senin, 21 Mei 2012

Sharing Fastnet Via HUB/SWITCH

Setelah migrasi dari telkom speedy ke Fastnet, terasa sekali untuk bermain internet tidak perlu was-was lagi. Dulu waktu menggunakan speedy masih was2 kalo mau download/upload sesuatu karena menggunakan sistem Quota Base.
Sejak Fastnet lewat komplek.. ada keraguan untuk pindah, yah itu dia takut kalo internetnya gak bisa di share.. alhasil mutusin untuk searching dulu di internet, cari informasi sebanyak-banyak nya mengenai fastnet.
Kebetulan temen komplek kerja di fastnet dan dia nawarin, yaudah akhirnya mutusin untuk menggunakan fastnet and say good bye to speedy..
Awal-awal memang kesulitan untuk sharing.. Informasi yang didapat bisa dengan menggunakan Router, 
Lalu saya mencoba search lagi akhirnya menemukan prinsip kerja dari fastnet itu sendiri. Jadi dari pihak fastnet menyimpan MAC ADDRESS kita di server mereka, sehingga kalo kita menggunakan komputer lain yang berbeda MAC ADDRESS nya dari punya kita sebelumnya maka tidak akan berhasil konek.. (dengan menggunakan modem DSL yg sama yah). Makanya kebanyakan orang minta Reset ke bagian TS nya Fastnet. apabila habis install ulang/ ganti komputer untuk koneksi ke internet.
Dari pemikiran tersebut saya mencoba mengganti MAC ADDRESS saya, mengikuti MAC ADDRESS yang sudah terkoneksi dengan internet. Lalu saya pindahkan jaringannya ke komputer yg sudah terganti MAC ADDRESS nya sesuai dengan MAC ADDRESS sebelumnya.. Dan yihaaa berhasil…
* Windows saya menggunakan aplikasi ini :K-mac Berfungsi untuk mengganti MAC ADDRESS
* Ubuntu saya merubahnya:
- Matikan dulu ethernet tersebut. Kalau di komputer saya, nama ethernetnya eth0.
#sudo ifconfig eth0 down
- Ubah MAC Addressnya (jangan lupa sama MAC Address yg berhasil terkoneksi dengan fastnet).
#sudo ifconfig eth0 hw ether AA:BB:CC:DD:EE
- Hidupkan lagi ethernetnya
#sudo ifconfig eth0 up
- Restart jaringannya (optional)
#sudo /etc/init.d/networking restart
Dan Hupppp kedua-duanya berjalan dengan baik..

Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan HUB, asumsi HUB bukanlah ROOTER jadi harusnya bisa.. logikanya kita hanya harus memiliki MAC ADDRESS yang sama dengan yg tercatat di servernya Fastnet..
berikut saya bikinkan skema sederhana dengan asumsi MAC ADDRESS AA:BB:CC:DD:EE sudah tercatat di servernya fastnet..
skema sederhana
Dan yihaaa.. berhasil, sekarang saya sudah bisa menikmati jarigan Unlimited dengan 2 komputer. Berarti tinggal ganti HUB/SWITCH wireless nih.. 
Selamat mencoba..

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar